Rabu, 05 Oktober 2011

PENGERTIAN DOS

demo template blog and download free blogger template feature like magazine style, ads ready and seo friendly template blog


APA YANG DIMAKSUD DENGAN DOS

PERASETYO ADI NUGROHO

1IA05

55410366


Sistem Operasi Disk (Disk Operating System – DOS) merupakan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola baik hardware maupun software yang terpasang pada sistem komputer. Pengoperasian DOS dalam modus teks sehingga kita harus memahami perintah-perintahnya dengan baik dan benar. Jenis-jenis DOS yang beredar di pasaran antara lain:- Microsoft Dos (MS-Dos) - Personal Computer Dos (PC-Dos) - Macintosh Dos - Linux - Unix MS-Dos dan PC-Dos sempat merajai penggunaan sistem operasi di Indonesia pada tahun 80-an hingga 90-an. Namun saat ini posisi DOS telah tergeser oleh sistem operasi berbasis grafik seperti Microsoft Windows.

DOS merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar yang selalu ada pada sistem operasi Windows seakarang ini. Mungkin kini kita sudah jarang sekali menggunakan sistem operasi DOS karena sistem operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.

Kenapa dalam sebuah komputer membutuhkan sistem operasi? Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan sebuah komputer yang kita miliki. Tanpa sebuah sistem operasi komputer yang kita miliki tidak akan dapat ‘berbuat apa-apa’ atau sama juga merupakan benda mati yang tidak berguna. Sistem operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada, memori, harddisk dan lain-lainnya sehingga mereka dapat berkerja sama melakukan tugasnya.

Walaupun DOS meruapakan sistem operasi ‘kuno’ namun DOS sangat penting untuk kita pelajari. Dengan mempelajari DOS maka kita akan dapat menyelamatkan sistem komputer kita, terutama data-datanya jika suatu saat sistem operasi Windows kita mengalami masalah berat.

Memulai DOS

Cara untuk memulai DOS berbeda-beda untuk masing-masing Sistem Operasi Windows:

* Untuk Windows 98/ME : Klik start menu | MS-DOS Prompt 

* Untuk Windows 2000/XP : Klik start menu | Accessories | Command Prompt

* Atau untuk setiap Windows : Klik start menu | Run | ketikkan ‘cmd’ atau ‘command’ 

DOS yang banyak digunakan adalah MSDOS, buatan Microsoft dan PCDOS buatan IBM. Pada buku ini yang akan dibahas adalah MSDOS.

DOS menempati posisi sebagai operating system yang menggunakan CUI(Character User Interface). Dalam hal ini DOS yang saat ini telah tergantikan/diperbarui denagan adanya Microsoft Windows versi 9x, 2k, dan sebagainya yang berbasiskan GUI (Grafical user Interface).

Beberapa Fungsi dari Operating system (DOS) adalah:

Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer 

* Mengatur Memori 

*Mengatur proses input dan output data 

*Manegement file 

* Management directory 

DOS yang akan kita bahas disini adalah MSDOS Versi 6.22. Beberapa Utilitas MSDOS Versi 6.22 sbb. Memiliki fasilitas doublespace untuk mengkompresi disk dan fasilitas drivespace yang ada pada fasilitas doublespace. Digunakan untuk menyimpan informasi untuk file yang dikompres dalam format yang berbeda.

* Fasilitas Scandisk.Utility yang digunakan untuk mendiagnosa dan memperbaiki disk yang rusak baik yang dikompressi atau tidak memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki kerusakan fisik disk.

* Fasilitas Smartdrive. Digunakan untuk mengamankan data,dengan cara tidak menunjukkan prompt dahulu sebelum data direkam. 

* Fasilitas Diskcopy. Berfungsi untuk mengkopi satu disket ke disket lainnya. 

* Microsoft Defragmanter.menata letak file dan directory agar lebih cepat dalam pencarian file. 

2 KENAPA DOS DISEBUT OS

Karena Pengertian DOS DOS ( Disk Operating system ), adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia. Fungsi DOS itu sendiri adalah sebagai, berikut: a. Berfungsi untuk mengoperasikan kegiatan dari peralatan masukkan dan keluaran, seperti monitor, pencetak, dan lain-lain. b. Memungkinkan pemakai memuat dan mengeksekusi program c. Menjaga keteraturan system file pada disk.

3 JENIS - JENIS PERINTAH DOS

Perintah DOS adalah perintah-perintah yang dapat dijalankan di dalam sistem operasi DOS. Dalam sistem operasi DOS, terdapat dua jenis perintah, yakni:

* Perintah internal (internal command), yakni perintah-perintah yang telah dimasukkan ke dalam COMMAND.COM (interpreter perintah DOS), sehingga dapat langsung dieksekusi oleh kernel DOS, di mana saja. 

* Perintah eksternal (external command), yakni perintah-perintah yang tidak dimasukkan ke dalam COMMAND.COM, dan membutuhkan sebuah berkas yang dapat dieksekusi (berupa program DOS) yang harus terdapat dalam direktori aktif.

Perintah Jenis perintah Keterangan BREAK Internal Mengeset pengecekan penekanan tombol Ctrl+C atau menggagalkannya. 

• CD atau CHDIR : Mengganti direktori aktif ke direktori lainnya yang ditentukan dalam parameter. Jika dijalankan tanpa parameter, maka perintah ini akan menampilkan lokasi di mana direktori aktif berada. 

• CHCP : Jika dijalankan tanpa parameter, perintah ini akan menampilkan code page (kumpulan karakter) dalam bentuk angka yang sedang digunakan. Perintah ini juga dapat digunakan untuk mengganti code page untuk semua perangkat yang mendukung pergantian kumpulan karakter. 

• CLS : Membersihkan layar dan menempatkan kursor pada pojok kiri layar. Perintah ini tidak memiliki parameter. COPY Internal Menyalin satu atau beberapa berkas dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang ditentukan. Perintah ini memiliki dua parameter, yakni parameter sumber berkas dan tujuan ke mana berkas akan disalin. 

• CTTY : Perintah ini akan mengganti perangkat terminal (terminal device/tty) yang digunakan untuk mengontrol komputer. 

• DATE :Perintah ini akan menampilkan tanggal saat ini. Perintah ini juga dapat mengeset tanggal komputer. 

• DEL atau ERASE :Menghapus berkas yang ditentukan dalam parameter. Parameter dapat berupa nama berkas atau beberapa nama berkas yang disusun menggunakan karakter wildcard.

• DIR : Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini dapat menampilkan daftar berkas-berkas dan subdirektori yang terdapat di dalam direktori aktif. Berkas ini memiliki satu parameter, yakni lokasi direktori di mana hendak menampilkan daftar isi direktori. 

• EXIT : Keluar dari shell COMMAND.COM sekunder dan kembali lagi kepada COMMAND.COM primer.

• LH atau LOADHIGH :l Memuat sebuah program ke upper memory block.

• LOCK : Perintah ini mengizinkan akses langsung terhadap hard disk. Perintah ini hanya dimiliki oleh MS-DOS dalam Windows 95/98. 

• MKDIR atau MD : Membuat sebuah direktori dalam direktori aktif. 

• PATH : Menentukan di mana MS-DOS harus mencari berkas-berkas yang dapat dieksekusi sebagai program. 

• PROMPT : Mengubah tampilan command prompt MS-DOS. 

• RMDIR atau RD : Menghapus sebuah direktori kosong. Akan gagal bila direktori tersebut mengandung berkas atau subdirektori lainnya. Gunakan perintah eksternal DELTREE untuk menghapus total sebuah tree direktori. 

• REN atau RENAME : Mengubah nama sebuah atau beberapa berkas (dengan menggunakan karakter wildcard). 

• SET : Menampilkan, menghapus atau mengeset variabel-variabel lingkungan. Umumnya, perintah ini dimasukkan ke dalam berkas AUTOEXEC.BAT.

• TIME : Menampilkan atau mengeset waktu saat ini. 

• TYPE : Menampilkan isi dari sebuah berkas (dalam bentuk teks) ke dalam standard output. 

• UNLOCK : Menonaktifkan akses hard disk secara langsung. Perintah ini hanya dimiliki oleh MS-DOS dalam Windows 95/98. 

• VER : Menampilkan versi sistem operasi yang digunakan. 

• VERIFY : Menyuruh sistem operasi agar melakukan verifikasi bahwa berkas-berkas yang ditulis ke dalam media penyimpanan telah sempurna ditulis, dan menampilkan status verifikasi. Perintah ini secara default dinyalakan oleh MS-DOS. 

• VOL : Menampilkan nama label dari sebuah volume atau partisi. 

4 DAFTAR PUSTAKA

http://normadevi.blogspot.com/2010/04/tugas-os-perintah-perintah-dos-dan.html 

http://arsitekkomputer.blogspot.com/2010/05/ms-dos-microsoft-disk-operating-system.html 

http://id.wikipedia.org/wiki/MS-DOS 

echoproggramme.files.wordpress.com/.../kuliah-orkomp280508.

ppt normadevi.blogspot.com/.../tugas-os-perintah-perintah-dos-dan.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Chat Box


ShoutMix chat widget

Share it

Diberdayakan oleh Blogger.