Rabu, 05 Oktober 2011

Definisi Singkat Virtual Mesin

demo template blog and download free blogger template feature like magazine style, ads ready and seo friendly template blog

Sebuah image system pada komputer yang mendukung penggunaan banyak image sistem. Setiap image system berisikan sistem operasi dan aplikasi pendukungnya, dan setiap image memiliki sistem operasi yang sama atau sistem operasi yang berbeda. Belakangan hampir semua komputer dibuat dengan mengunakan hardware circuit yang mendukung kemampuan virtual mesin. Beberapa tahun yang lalu, kemampuan ini hanya disediakan oleh sistem operasi VM mainframe milik IBM.

Virtual Machine
• Mesin virtual mengambil pendekatan layer secara logika.
• Mesin virtual memperlakukan hardware dan sistem operasiseolah-olah berada pada level yang sama sebagaihardware.
• Pendekatan Mesin virtual menyediakan sebuah interfaceyang identik dengan seluruh hardware yang ada.
• Sistem Operasi host membuat ilusi dari banyak proses,masing-masing dieksekusi pada prosesornya sendiri denganvirtual memorinya sendiri.
• Setiap guest menyediakan sebuah (virtual) copy darisemua hal yang ada pada komputer
• VM dibuat dengan pembagian sumber daya oleh physicalcomputer
• VM ada 2: system VM dan application VM



Proses Komunitas JAVA (JCP) : Virtual Machine

Virtual machine (VM) adalah suatu environment, biasanya sebuah program atau sistem operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi dijalankan dalam environment lain.  Dalam  konteks   ini,  VM  disebut  “guest”  sementara  environment  yang menjalankannya   disebut  “host”.   Ide   dasar   dari  virtual   machine  adalah mengabtraksi perangkat keras dari satu komputer (CPU, memori,  disk, dst) ke beberapa  environment  eksekusi,   sehingga  menciptakan   illusi  bahwa  masing-masing environment menjalankan komputernya (terpisah) sendiri. VM muncul karena pada satu komputer. Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkansistem operasi mainframenya pada tahun 1965-an. Diperkenalkan untuk sistem S/370   dan   S/390   dan   disebut   sebagai   sistem  operasi  VM/ESA  (Enterprise System Architecture).
Teknologi virtual  machine memiliki  banyak kegunaan seperti  memungkinkan konsolidasi  perangkat keras,  memudahkan  recovery  sistem,  dan menjalankan perangkat lunak terdahulu.  Salah  satu penerapan penting dari teknologi  VM adalah   integrasi   lintas  platform. Beberapa   penerapan   lainnya   yang   penting adalah:
  1. Konsolidasi  server. Jika beberapa server menjalankan aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server saja, walaupun aplikasi tersebut memerlukan sistem operasi yang berbeda-beda.
  2. Otomasi dan konsolidasi lingkungan pengembangan dan testing. Setiap VM  dapat   berperan   sebagai   lingkungan   yang   berbeda,   ini  memudahkan pengembang sehingga tidak perlu menyediakan lingkungan tersebut secara fisik.
  3. Menjalankan perangkat  lunak terdahulu.  Sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu dapat dijalankan pada sistem yang lebih baru.
  4. Memudahkan  recovery  sistem.   Solusi   virtualisasi   dapat   dipakai   untuk rencana recovery sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform.
  5. Demonstrasi perangkat lunak. Dengan teknologi VM, sistem operasi yang bersih dan konfigurasinya dapat disediakan secara cepat.
KELEBIHAN VIRTUAL MACHINE (VM)
  • Hal  keamanan.  VM memiliki  perlindungan yang  lengkap pada berbagai sistem  sumber   daya,   yaitu   dengan  meniadakan   pembagian   sumber   daya secara  langsung,  sehingga  tidak ada masalah proteksi  dalam VM.  Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
  • Memungkinkan   untuk  mendefinisikan   suatu   jaringan   dari   Virtual Machine   (VM). Tiap-tiap   bagian  mengirim  informasi  melalui   jaringan komunikasi  virtual.  Sekali   lagi,   jaringan  dimodelkan   setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.
KEKURANGAN VIRTUAL MACHINE, Beberapa kesulitan utama dari konsep VM, diantaranya adalah:
  • Sistem penyimpanan. Sebagai contoh kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah   sebagai   berikut:    Andaikan   kita   mempunyai   suatu   mesin   yang memiliki  3  disk drive  namun  ingin mendukung 7 VM.  Keadaan  ini   jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap disk drive untuk  tiap VM,  karena perangkat   lunak untuk mesin virtual   sendiri  akan membutuhkan   ruang disk   secara   substansial  untuk menyediakan  memori virtual  dan  spooling.  Solusinya   adalah dengan menyediakan disk  virtual atau   yang   dikenal   pula   dengan  minidisk,   dimana   ukuran   daya penyimpanannya   identik   dengan   ukuran   sebenarnya.   Dengan   demikian, pendekatan VM juga menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang mendasari.
  • Pengimplementasian sulit. Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan.
Contoh virtual machine : Vmware, Xen VMM , Java VM
Jenis-jenis dari VM adalah VM sistem di mana sebuah VM dapat menjalankan sebuah  sistem operasinya  sendiri,  kemudian VM proses di  mana VM hanya menjalankan sebuah proses saja. Kemudian VM juga dibagi berdasarkan tingkat virtualisasinya,   yaitu   virtualisasi   penuh yang  mensimulasikan   seluruh   fitur  perangkat  keras   sehingga memungkinkan perangkat   lunak berjalan pada VM tanpa  modifikasi.  Kemudian   virtualisasi   paruh,   di  mana   tidak   semua   fitur perangkat keras disimulasikan. Yang terakhir adalah virtualisasi asli, yang mana merupakan   virtualisasi   penuh   yang   digabungkan   dengan   bantuan   perangkat keras yang mendukung virtualisasi.
Sumber :



Virtual Machine
Date: 19-07-08 10:08
Majalah Info Linux bulan Juli 2008 memuat ulasan berbagai macam software yang dapat digunakan untuk menjalankan (booting) berbagai macam sistem operasi komputer sebagai salah satu proses di Linux. Sudah lama saya tidak menengok teknologi ini. Sangat boleh jadi terakhir saya menyentuh virtual machine pada saat mencoba booting msdos dengan dosemu.
Belum lama saya sempat mencoba running program aplikasi Windows Electronic Workbench dengan wine. Hasilnya kurang memuaskan karena tidak ada kecocokan font sehingga tampilan sistem aplikasi itu kurang nyaman dipandang meskipun sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan (praktek simuamasi elektronika). Waktu itu akhirnya Aishah memilih menggunakan simulator lain yang sudah tersedia di Linux karena tidak enak sendiri menggunakan software bajakan meskipun sistem operasinya free.
Membaca ulasan majalah Info Linux, saya tertarik untuk mencobanya. Kebetulan saya membutuhkan sofware Windows untuk testing tampilan program aplikasi web-based yang saya kembangkan di Microsoft Internet Explorer (MSIE). Sebenarnya tidak banyak, hanya ada 2: Waton CMS dan PLO-PPTIK. Waton digunakan untuk membangun personal website sederhana dengan basis data ascii text files, PLO untuk komunikasi perkantoran berbasisdata MySQL semacam kantaya-nya BPPT.
Selama ini, setiap ada keluhan user MSIE tidak saya tanggapi mengingat saya tidak punya tool untuk mencobanya. Sebenarnya UGM pelanggan MSCA tetapi males lah membangun dual boot. Kalau sudah terbiasa main suspend, booting bolak balik 2 sistem operasi tentulah sangat menyengsarakan. Dari berbagai pilihan yang disebut-sebut di artikel Info Linux tersebut, saya memilih virtualbox. Dengan Ubuntu, saya cukup search aplikasi virtualbox di synaptic package manager dan memilih beberapa paket sofware yang muncul. Percobaan pertama menjalankan program setelah install paket virtualbox-ose gagal. Ada pesan meminta instalasi virtualbox-ose-modules. Kalau memang harus diinstal paket modulesnya, kenapa tidak sekalian diinstallkan melalui mekanisme paket dependensi?
Proses create virtual machine tidak makan waktu lama. Saya pilih optimasi untuk Windows XP (TM). Yang lama adalah instalasi XPnya itu sendiri. Booting XP pertama langsung sukses, termasuk menjalankan program-program aplikasi jaringan dan multimedia. Yang menyenangkan adalah untuk jaringan, virtualbox telah menyiapkan jaringan virtual dengan dhcp dan gateway yang di NATkan ke IPhostnya. Pada saat instalasi, XP akan menemukan interface yang bisa dikonfigurasi dengan nomor IP DHCP. Sekarang saya bisa dengan cepat membantu debugging sistem kalau ada keluhan dari teman-teman yang masih menggunakan XP.


Definisi

Mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali.[1]
Contoh, program yang ditulis dalam bahasa Java akan dilayani oleh Java Virtual Machine (JVM) dengan cara memberikan perintah-perintah yang dimengerti JVM yang selanjutnya akan memberikan hasil yang diharapkan. Dengan memberikan layanan seperti ini kepada program tersebut, perangkat lunak JVM ini berlaku sebagai sebuah "mesin virtual", sehingga program tidak lagi perlu untuk mengakses langsung melalui sistem operasi ataupun perangkat keras yang sangat bervariasi dan memerlukan pemrograman masing-masing secara spesifik.
Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap pula. Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. Karakteristik mendasar dari sebuah mesin virtual adalah batasan-batasan bagi perangkat lunak yang berjalan di dalam mesin tersebut, sumber daya yang dibatasi, dan tidak dapat mengakses ke luar tembok batasan dunia maya itu.


VirtualBox on Ubuntu


With VirtualBox, you can run unmodified operating systems – including all of the software that is installed on them – directly on top of your existing operating system, in a special environment that is called a “virtual machine”. Your physical computer is then usually called the “host”, while the virtual machine is often called a “guest”.
The following image shows you how VirtualBox, on a Ubuntu host, is running Linux Mint as guest operating system in a virtual machine window:





Linux Mint on Ubuntu VirtualBox running Firefox Browser to Browsing the Internet, ex. okezone.com and roadshow.ypli.org.




This is my virtualbox setting for running Linux Mint on My Ubuntu Desktop. So, alternetive for other OS can running on VirtualBox. Please, Try It!!!
  VirtualBox adalah Software Emulator untuk menginstall sistem operasi di dalam sistem operasi, seperti virtual machine. Kita dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersaamaan, dengan menggunakan virtual box kita dapat melakukan testing sistem operasi tanpa perlu di install-real, dan kita bisa belajar jaringan dengan virtualbox.
VirtualBox dapat di install di berbagai macam platform seperti : windows, Mac, Linux Dll. Percobaan pada tulisan ini dilakukan pada sistem operasi ubuntu Linux, namu dapat diterapkan pada sistem operasi yang lainnya.

virtual box

VirtualBox adalah aplikasi Virtualisasi open source, aplikasi ini bisa menjalankan banyak sistem operasi secara virtual di komputer kita dan sitem operasinya pun tidak hanya 1 jenis misalnya open source saja atau yang berlisensi saja, pengembang aplikasi virtualBox ini “innotek” diakui oleh sun Microsystem dan bergabung ke proyek virtualisasi yamg bernama open XVM.
Keunggulan virtualBox adalah bisa menjalankan sistem operasi lain tanpa harus mematukan sistem operasi yang kita sedang gunakan. Jadi kita dapat menginstal windows maupun distro-distro linux pada sistem operasi yang sedang kita gunakan tanpa harus membagi partisi-partisinya dan merestartnya untuk menjalankan sitem operasi lain.
VirtualBox adalah satu penggunaan umum penuh virtualizer untuk perangkat keras x86. Targetnya di server, desktop dan user, sekarang satu-satunya kualitas profesional solusi virtualization yang open souce.
virtualBox mempunyai desain yang sangat modular dengan program internal yang tergambar dengan baik dan user/server desain, ini membuat mudah pengaturan dari beberapa antarmuka dengan cepat, virtualBox juga memiliki coding/rancangan yang bagus karena dia opensouce dan tidak bisa di hack.
VirtualBox adalah special aplikasi yang dapat diinstal di dalam windows,linux,dan solaris, salah satu featurmya adalah mouse pointer integration and arbitrary screen solutions yang sangat fungsional.
Jika ingin mendonwloadnya silahkan klik di bawah ini

VirtualBox  adalah x86 kuat dan AMD64/Intel64 virtualisasi produk perusahaan
serta pemanfaatan rumah.Tidak hanya VirtualBox yang sangat  kaya fitur, produk
kinerja tinggi bagi pelanggan perusahaan, juga  satu-satunya solusi profesional
yang secara bebas tersedia sebagai Open  Source Software di bawah GNU General
Public License (GPL). See " About  VirtualBox " for an introduction. Lihat "
Tentang  VirtualBox "untuk pengenalan.

Saat ini,  VirtualBox berjalan pada Windows, Linux, Macintosh dan OpenSolaris
host  dan mendukung sejumlah besar sistem  operasi tamu termasuk tetapi tidak
terbatas pada Windows (NT 4.0,  2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS Windows 3. x, Linux (2.4  dan 2.6), Solaris dan OpenSolaris, dan OpenBSD.
VirtualBox sedang aktif dikembangkan dengan  rilis sering dan memiliki daftar
pernah berkembang fitur, didukung  sistem operasi tamu dan berjalan pada
platform itu. VirtualBox adalah upaya komunitas  yang didukung oleh perusahaan
yang didedikasikan: setiap orang didorong  untuk memberikan kontribusi sementara
Sun memastikan produk selalu  memenuhi kriteria kualitas profesional.


Oracle  VM VirtualBox

Perancanginnotek
PengembangOracle Corporation
Versi rilis terbaru3.2.8 / Agustus 6, 2010; 2  bulan yang lalu (2010-08-06)
Bahasa pemrogramanC++, C, X86 assembly
Sistem operasiCross-platform
Ukuran berkas~40-82 MB [1]
JenisVirtual machine
LisensiFull edition: Proprietary
Open source edition: GNU General  Public License version 2
Situs webvirtualbox.org
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi,  yang dapat digunakan
untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". 
Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang
terpasang di komputernya,  maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem
operasi lain yang  diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. [2] [3]
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi
instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan
fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.[3]Apa
keuntungan VirtualBox dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Yang  utama adalah
karena VirtualBox Free dan Open Source. VirtualBox tersedia  dalam berbagai
edisi namun skema lisensi yang ditawarkan cukup ramah bagi pengguna, misalnya 
versi OSE (Open Source Edition) yang Free dan Open Source dan versi
binary yang free untuk penggunaan personal.


















Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. [2] [3]
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.[3]

0 komentar:

Posting Komentar